Menginvestigasi kegiatan Nelayan

“Nenek moyangku seorang pelaut......”. mungkin lagu tersebut cocok dinyanyikan oleh orang-orang indonesia yang mayoritas daerahnya adalah garis pantai dan diapit oleh beberapa samudra. Tak hanya itu Penduduknya pun kebanyakan adalah nelayan. Tak peduli badai dan ombak besar yang menerjang tak akan menjadi kendala bagi para nelayan yang mencari nafkah bagi keluarganya.

Hasil yang didapatkan oleh para nelayan memang tak seberapa namun semangatnya tak pernah putus. Demi keluarga yang menunggunya di rumah. Apalagi ada peraturan baru bagi nelayan cantrang karena merusak laut, yang tidak diperbolehkan lagi membuat hidup para nelayan makin susah.

Kegiatan Para Nelayan
Nelayan selalu bertarung dengan air dan ombak lautan saat malam dan siang hari. Jika pantai yang dilewati para nelayan menjadi tempat wisata mereka bisa menambah penghasilan yaitu dengan perahunya digunakan untuk transportasi para turis.

Kegiatan para nelayan diantaranya adalah:
·         Menangkap ikan
Para nelayan biasanya akan mulai menangkap ikan saat malam hari. Perahu-perahu para nelayan sudah pindah ke tengah laut jika hari mulai petang. Dan akan balik ke daratan saat pagi hari. Hasil tangkapannya akan dijual pada pengepul ikan langganan mereka.
·         Menjemur ikan
Para nelayan juga ada yang menjemur ikannya untuk dijadikan ikan asin. Dengan ikan asin maka bisa bertahan sampai lama dan tak perlu bahan pengawet. Ada jenis ikan tertentu yang dijadikan ikan asin maka harga jualnya akan menjadi tinggi.

Pemandangan di pantai memang tak pernah bisa lepas dari para nelayan. Karena di sanalah sumber kehidupan mereka. Banyak para nelayan berlalu lalang untuk menangkap ikan dengan kapal atau perahu kecil, bahkan ada yang menggunakan jaring. Setiap hari selalu ada tangkapan ikan segar yang didapatkan baik dalam jumlah banyak atau sedikit.

Demikianlah potret para nelayan yang ada di negeri tercinta. Jauh dari keramaian pusat kota. Hidup sederhana dengan keluarga dengan mata pencaharian setiap harinya mencari ikan-ikan di laut. Untuk menghidupi keluarga dan mncukupi kebutuhan sehari-hari.

Tidak ada komentar: