Mempercepat internet dengan squid

Mempercepat internet dengan squid koneksi akan wuzzzzzzzz …
Mahalnya harga bandwidth dewasa ini membuat orang-orang menjadi kreatif. Mereka terus memikirkan bagaimana cara mempercepat internet, menghemat bandwidth, dan menaikkan response time tanpa menaikkan biaya berlangganan internet. Dikembangkan langsung oleh para ahli , squid ini sudah banyak diaplikasikan oleh banyak sekali perusahaan jasa internet di dunia. Mereka menggunakannya karena sudah terbukti handal dan mempunyai banyak fasilitas yang berhubungan dengan aliran bandwidth.
Sebelum berlanjut ke squid kita bahas dulu sebentar mengenai proxy server, karena squid di instal pada server ini. Proxy server adalah sebuah komputer atau program komputer yang bertindak melakukan request atau permintaan terhadap semua content atau isi di internet. Contohnya, pada suatu kantor atau usaha warnet yang memiliki beberapa komputer terhubung ke internet biasanya memakai server ini. Sebelum ke internet, komputer-komputer tersebut dihubungkan ke satu komputer, baru kemudian dari satu komputer tersebut koneksi internet mengalir. Sehingga jika dirunut aliran bandwidthnya adalah dari beberapa komputer pengguna -> proxy server -> jaringan internet.

Nah squid di install pada komputer yang menjadi proxy. Mengapa harus di instal pada proxy?, ya… jawabannya karena memainkan peranan yang sangat penting dalam mempercepat internet dan pengaturan bandwidth kepada komputer-komputer pengguna, sehingga bisa optimal. Secara teknis ada banyak permintaan atau request yang berhubungan dengan browsing antara lain http, https, ftp, dan banyak lagi. Dengan algoritma yang dikembangkan di dalam squid, diharapkan request akan lebih cepat dan efesien, sehingga pengguna pun lebih nyaman untuk berselancar internet.
Walau banyak aplikasi yang dapat dilakukan squid berbuhungan dengan mempercepat internet, ada satu fungsi utamanya, yaitu sebagai caching data-data browsing. Hmm… apa lagi yah itu caching ?. Secara sederhananya caching itu adalah tempat penyimpanan data-data browsing internet yang sering di akses oleh pelanggan. Misalnya, ada pelanggan yang sering membuka website facebook, di dalamnya ada data-data seperti gambar, text, flash, video, dan lain-lain. Nah data tersebut oleh squid akan disimpan di hardisk. Jadi ketika kita akan membuka facebook untuk kedua kalinya, si browser tidak perlu mengambil data di internet, melainkan sudah tersedia di hardisk si squid. Dengan begini request atau permintaan browsing situs facebook tidak perlu diteruskan ke jaringan internet, dan akhirnya dapat menghemat bandwidth dan mempercepat internet.
Sudah ribuan situs web di internet menggunakan program ini untuk meningkatkan pengiriman file-file ke pelanggan secara lebih cepat dan efesien demi mempercepat internet. Dengan menyalin isi website hanya data yang sering digunakan oleh pelanggan dan bukan semuanya, squid dapat mengurangi beban server hardisk. Kebayangkan, berapa besar datanya jika kita mendownload semuanya di internet, sedangkan komputer yang akan kita jadikan squid spesifikasinya terbatas. Inilah mengapa program squid sangat dijadikan andalan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memanfaatkan bandwidth internet secara optimal dengan dana yang terbatas.
Sekedar sharing sedikit, sampai saat ini di bebarapa warnet yang saya miliki, squid masih menjadi andalan untuk mempercepat internet. Perbedaannya kerasa bagus, antara sebelum memakai dengan setelah memakai alat ini. Di warnet sendiri, biasanya pelanggan hanya membuka website-website tertentu. Nah ini sesuai dengan karatker squid, file-file dari situs yang sering dibuka di simpan di dalam squid untuk kemudian ketika ada request website yang sama tidak perlu lagi diambil ke internet. Tentu saja ini membuat seakan bandwidth di warnet besar, padahal sebenarnya mepet banget.
Kita dapat melihat seberapa significant squid berpengaruh untuk mempercepat internet. Ada fasilitas yang memungkinkan kita memantau persentase dari hit suatu file. Ketika pelanggan mengakses website dan kebetulan file yang diminta terdapat di squid, maka itulah yang disebut hit. Rata rata hit di suatu warnet sekitar 40% - 60%, ini berarti bandwidth yang dihemat juga sekitar 40%-60%, lumayan khan :).
link: cara mempercepat koneksi internet.


Tidak ada komentar: