Warnet maki hari makin menjamur merata mengelilingi aktivitas kehidupan kita, jika ingin buka warnet, tidak ada salahnya melihat analisa peluang usaha ini kedepannya.
Warnet banyak dibutuhkan di lingkungan kita, karena seperti kita ketahui, internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam menunjang setiap permasalahan yang ada, mulai dari urusan sekolah, perkuliahan, kantor, bisnis, perbankan, hiburan dan lain-lain. Peluang inilah yang bisa ditangkap dan menjadi dasar bagi bisnis sekarang ini yakni mem-buka warnet atau warung internet..
Dunia internet telah menjadi industri yang menjanjikan di Indonesia. Dimulai dari kebutuhan internet oleh beberapa perusahaan dan instansi pendidikan, kini kebutuhan internet juga merambah dunia games atau permainan. Dari orang kantoran, siswa sekolah, sampai anak anak yang ingin bermain game online. Begitu menariknya untuk mem-buka warnet ini sehingga sangat mudah bagi kita untuk menemukan warnet-warnet yang menjamur di sekitar, Karena ternyata buka warnet itu mudah.
Jika ingin mem-buka warnet dijaman ini, kita harus berusaha untuk mempertemukan antara kebutuhan dan tren dari calon pelanggan dengan inovasi dari produk layanan internet yang disediakan. Apa sih yang pelanggan butuhkan?, chatting, nge-print, browsing, berkomunikasi suara dan gambar memakai web, mencari teman lama, mencari pekerjaan, bahkan bermain game secara online. Semua fasilitas itu harus disediakan di warnet, untuk memikat lebih banyak pengunjung. Analisa Segmentasi Pasar. Secara umum segmen pengguna jasa , jika kita ingin buka warnet adalah konsumen antara dan akhir yang membutuhkan akses internet dilingkungannya. Sasaran jasa layanan internet dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :
• Browsing dan chating. Untuk segmentasi usaha warnet ini biasa di dominasi oleh para pegawai kantor dan siswa sekolah. Mereka memerlukan koneksi internet yang cepat untuk memenuhi kebutuhannya menyelesaikan tugas. Tapi tidak hanya itu, mereka memakai internet di warnet juga untuk saling berkomunikasi dengan klient mereka atau dengan sahabat mereka yang ada di seluruh dunia.
• Gamers. Enam puluh persen (60%) pengguna usaha warnet saat ini adalah dari segmentasi pasar games. Siswa smu dan smp mendominasi pasar ini. Diperlukan koneksi yang stabil agar dapat mendukung games online. Juga spesifikasi yang canggih agar penggunanya merasa nyaman di warnet.
Strategi Meraih Segmen Pasar usaha warnet . Masing-masing segmen calon pelanggan membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda. Kita harus memiliki keunggulan dari segi harga produk yang kompetitif untuk segmen yang memperhatikan aspek ekonomi. Dan kitapun dapat memiliki variasi program dan fitur layanan yang terus dilakukan inovasi mengikuti perkembangan tren kebutuhan pelanggan. Serta tidak lupa keunggulan dari nilai warnet, yaitu dengan tetap mendukung pembangunan sumber daya bangsa yang sehat dan unggul. Misal mengadakan training-training tentang internet.
Analisa Layanan Bisnis. Wilayah pengguna internet di warnet semakin meluas tidak lagi terpusat di tengah kota (pusat ekonomi kota), melainkan semakin meluas hingga ke wilayah pinggiran kota. Sehingga segmen pasar pengguna internet semakin banyak dan meluas dari waktu ke waktu. Dan peluang untuk buka warnet ini memiliki prospek yang menguntungkan dan strategis di masa yang akan datang. Sebagai contoh, di daerah cilegon sewa warnet per jam sekitar Rp. 5.000,-. Bakhan di daerah kalimantan atau sumatra masih ada sewa warnet sekitar Rp. 8.000,- perjamnya.
Peta pelanggan. Kebutuhan akses internet semakin besar jika bergerak dari kawasan pusat kota (urban) menuju pinggir kota (sub urban , rural atau satelit), mengikuti bertambahnya jumlah dan ragam komposisi penduduk di setiap area wilayah.
Analisa kami, pengguna layanan internet untuk segmen personal dan warnet akan banyak berasal dari wilayah pinggiran Jakarta dimana konsentrasi pemukiman penduduk berasal, sedangkan untuk pusat kota akan banyak di dominasi pengguna dari segmen perkantoran. Dan juga di daerah-dareah para pengusaha yang mem-buka warnet, masih sedikit sehingga peluangnya masih terbuka lebar.
Pesaing bisnis. Setiap perusahaan layanan akses internet memiliki kelebihan dan keunggulan satu sama lain. Bagi Warnet, keberadaan pesaing merupakan pemicu untuk meningkatkan keunggulan layanan yang dimiliki, ditambah terdapat banyaknya segmen calon pengguna yang belum terakses internet, tidak ada alasan bagi kita untuk mundur dari usaha buka warnet karena tumbuh banyaknya pesaing.
Point penting dalam menjalankan usaha ini adalah ada pada sudut marketing yang kita jalankan, sama halnya ketika kita menjual sesuatu, misalnya dalam bentuk makanan, ataupun perangkat kebutuhan rumah tangga itu semua tak lepas dari, bagai mana kita memasarkan produk tersebut, tentunya produk yang kita jual memiliki kualitas yang sebanding dengan harga yang anda terapkan, begitupun juga ketika kita bisnis warnet, spesifikasi komputer, koneksi internet dan fitur pendukung lainnya harus di perhatikan, juga yang tak kalah pentingnya dalam menjalankan sebuah bisnis rasa kekeluargaan harus di terapkan, ramah tamah dan sebagainya.
link: Peluang usaha warnet, prospek warnet, usaha warnet, buka usaha warnet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar