Hardware Komputer

Dalam komputer ada tool yang bisa di raba atau di lihat ini biasa di namakan hardware (perangkat keras), hardware tersebut merupakan sekumpulan elemen elektronik yang di pergunakan sesuai dengan kapasitasnya dengan sebuah pengendali/driver yang biasa di namakan Software, definisi dari hardware adalah sebuah alat yang bisa di lihat, diraba dan mempunya fungsi yang beragam sesuai dengan kebutuhan. nah kali ini saya akan share tentang harware komputer, mulai dari jenis dan fungsinya.

1. Alat input (unit masukan)
Hardware ini berfungsi untuk memasukan data dari luar ke dalam komputer, sehingga menampilakan informasi, yang tergolong dalam unit masukan ad
alah sebagai berikut
a. Mouse

Mouse merupakan alat input yang berfungsi untuk memindahlkan pointer dengan cepat, dan sebagai alat instruksi yang sangat praktis, jenis mouse sendiri sangat beraneka ragam mulai merek sampai typenya, mulai dari mouse bola, mouse optic samapi maouse wireless (mouse tanpa kabel)







b. Keyboard

Alat masukan ini terdiri dari empat bagian penting yaitu: typewriter key, numeric key, fungtion key, special fungtion key. untuk jenis keyboard sebenarnya banyak tapi yang kita ketahui atau yang paling sering di gunakan hanya 1-2 jenis keyboard saja, untuk jenis-jenis keyboard tersebut di antaranya:

Keyboard QWERTY Layout
Keyboard ini merupakan keyboard yang paling banyak di gunakan, kekurangn Keyboard ini untuk pengetikan adalah susunan tombol karakter kurang optimal untuk pengetikan. Sebenarnya banyak keyboard lain yang bisa digunakan untuk mengetik dengan lebih cepat.
Tetapi kebanyakan user sudah terlanjut menggunakan keyboard berbasis Qwerty ini sehingga enggan untuk memakai keyboard jenis lain.
Menurut penelitian, 48 persen dari gerakan di antara kunci-kunci yang berurutan harus dikerjakan dengan satu tangan.
Dari sekian banyak tekanan yang harus dikerjakan, hanya 32 persen yang dilakukan pada Home Row, sehingga untuk baris-baris yang lain jari tangan harus menggapai, yang tentu saja mengakibatkan beban pengetikan tangan kiri menjadi sebesar 46 persen yang hanya cocok digunakan oleh orang yang bertangan kidal.
Kelemahan lain adalah kata yang diketik banyak menggunakan huruf A, jari kelingking akan menanggung beban lebih berat sehingga timbul ketidak-efektifan dalam bekerja dengan keyboard jenis ini. ^^

Keyboard Alphabetic Layout
Keyboard jenis ini merupakan keyboard yang dipakai oleh negara-negara yang memiliki bahasa selain alfabet. Seperti Arab, Rusia, atau Cina. Keyboard jenis ini tidak efektif untuk pengetik profesional kecuali native user.
Struktur keyboard Alphabetic ini sama dengan Qwerty. Meskipun keyboard Qwerty dan Dvorak dapat digunakan untuk mengetik abjad Arab, namun tidaklah seefisien keyboard yang satu ini.

Keyboard Dvorak Layout
Desain dari keyboard ini lumayan nyaman. Hal ini terjadi karena tombol karakter yang sering muncul ditempatkan pada jari-jari yang dominan.
Keyboard jenis ini dirancang pada tahun 1932. Pada dasarnya, keyboard Dvorak dibuat untuk memperbaiki struktur keyboard Qwerty. Tapi entah mengapa yang kita pakai sampai sekarang keyboard.

Keyboard Chord Layout

Keyboard dengan Chord layout sangat jarang digunakan. Walaupun menurut sumber, keyboard jenis ini merupakan keyboard yang dapat digunakan secara efektif untuk kecepatan pengetikan.
User yang ingin menggunakan keyboard jenis ini akan dapat belajar dengan cepat karena penekanan tombol merefleksikan bentuk dari huruf yang diinginkan dan mempunyai kecepatan mengetik hingga 200 kata per menit, bahkan bisa lebih.
Keyboard jenis ini bisa digunakan untuk seorang wartawan yang menulis sesuatu yang diucapkan oleh seseorang dalam proses wawancara misalnya.

Special Keyboard

Keyboard ini didesain untuk bagi anda yang bertangan kidal. Solusi bagi pengguna kidal yang tidak dapat menemukan keyboard jenis Dvorak.
Dengan keyboard ini, user kidal tidak akan terlalu lelah dibanding dengan keyboard konvensional.

Keyboard Proyeksi
Keyboard proyeksi dikembangkan untuk menghemat ruang karena keyboard konvensional masih dianggap memakan space tempat kerja.
Keyboard ini menggunakan sensor gerak untuk mendeteksi gerak jari tangan anda. Untuk menggunakannya, anda tinggal mencari ruang yang cukup datar untuk menghasilkan hasil proyeksi yang maksimal.

Keyboard Kitty

Kitty adalah sejenis keyboard yang berfungsi memasukkan data ke PDA, Pocket PC, dan Warable. Keyboard jenis ini dikembangkan oleh University Of California di Irvine.

c. Toucpad
perangkat masukan ini sering di temui pada notebook / laptop.










d. Light Pen

Perangkat masukan inidi gunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.



e. Joystik


Bgi para gemer perngkat input yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, karena perngkat ini di desain untuk control gaame.









2. Alat Output (Unit Keluaran)
Hardware ini berfungsi mengeluarkan informasi yang telah di proses. yang termasuk kedalam jenis ini adalah sebagai berikut:
a. Printer


Printer merupakan alat keluaran sebagi media untuk mencetak dokumen menggunakan media kertas pada umumnya.








b. Speaker



Speaker adalah alat keluaran yang mengubah sinya elektronik menjadi suara, perangkat ini sangat bervariasi mulai dari bentuk, type, ukuran, kualitas suara yang di hasilkan dan lain-lain.





c. Monitor
monitor adalah perngkat output yang berfungsi menampilakan informasi berupa gambar yang bisa di lihat. jenis-jenis monitor adalah sebaga berikut:
CRT

CRT (Cathode Ray Tube) monitor komputer adalah monitor komputer yang paling umum sampai layar panel datar menjadi terjangkau. Serupa dengan TV tua, monitor masih CRT biasanya memiliki rasio kontras yang lebih baik dan sudut pandang dari alternatif monitor komputer lainnya.

LCD

LCD (Liquid Crystal Display) monitor komputer menyimpan banyak ruang dan bahkan dapat dipasang di dinding. Mereka memberikan sudut pandang lebar dan biasanya datang dalam ukuran mulai dari 17-inci sampai 60-inci.

Plasma

Plasma monitor komputer yang kurang umum digunakan dengan komputer karena suhu operasi yang tinggi, konsumsi daya tinggi, dan resolusi tetap.

Touchscreen

Touchscreen monitor komputer menyediakan cara baru untuk berinteraksi dengan komputer Anda dengan layar sentuh yang sensitif. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan aplikasi di layar tanpa perlu mouse atau keyboard.

OLED

OLED (Organik Light Emitting Display) monitor komputer yang lebih tipis dan lebih terang dari layar LCD atau Plasma. monitor OLED juga dapat ditempatkan pada permukaan transparan, seperti kaca, yang memungkinkan pemakai untuk melihat melalui mereka ketika tidak aktif.




3. Storage (Unit penyimpanan)


Yang termasuk kedalam jenis media penyimpanan adalah:
  • Hardisk
  • Flopy disk drive
  • CD ROOM / RW
  • DVD ROOM / RW

Hardisk


Hardisk merupakan media penyimpanan yang bisa menyimpan data dengan kapasitas yang besar, untuk jenisnya ada yang terpasang di luar (hardisk)dan ada juga yang terpasang di dalam (Hardisk Internal)







Flopy disk

Media penyimpanan yang satu ini sudah jarang sekali di gunakan, dewasi ini orang lebih memeilih media penyimpanan yang simple dan bisa menampung data dalam kapasitas besar, hal ini tidak dimiliki oleh Flopy disk, yang hanya menampung kapasitas yang kecil hanya menampung sekitar 1mb.

Zip Drive
ZIP drive berasal dari lomega. ZIP drive berukuran kecil 1,47 inchi. ZIP drive ini memperbaiki keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh floopy disk. Perangkat ini terdiri dari floopy drive dan cartridge floopy khusus, yang mapu menampung sampai 100MB data. Dengan kapasitas sebesar ini, dapat memungkinkan orang menyimpan file grafik dan mutimedia.

CD ROOM

CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Kemudian Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.

DVD ROOM (DIgital Versatile Disk)
diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang. CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB)

DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali.

Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s. Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan.
DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki macam-macam versi, yaitu : DVD-R for General, hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali DVD-RW, dapat ditulis berulang kali DVD+R, hanya sekali penulisan Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc.

4. Unit Pemrosesan
Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.

1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory.

2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer

3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan

Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan, yaitu sebagai berikut :




Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.











b. Power supplay



Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).


c. Motherboard

Motherboard adalah ppan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.










d. Processor

Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer.















e. Memory
Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang paling lambat.

1. Register
2. Cache memory
3. Disk cache
4. Magnetic disk
5. Optikal disk

selain berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengakseskan.

1. Tipe register harga paling mahal dan tipe optical disk harganya paling murah.
2. Tipe register kapasitasnya paling besar dan tipe optical disk kapasitasnya paling kecil.
3. Tipe register frekuensi pengaksesannya paling tinggi dan tipe optical disk frekuensi pengaksesannya paling rendah.

Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau bit.

1 byte = 1 huruf
1 Kilo Byte (KB) = 1 x 1024 byte
1 Mega Byte = 1024 KB

Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai berikut.

1. Read Only Memory (ROM)
ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dantidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tida tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai sendiri.

2.Random Access Memory (RAM)
RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan.

Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :

1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz

3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.

4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.

5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

f. VGA Card


VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.









g. I/O Card
Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.







h. Sound Card

Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer.









Pencarian: mengenal hardware komputer, pengertian hardware, jenis-jenis hardware komputer, output device, input device.

Tidak ada komentar: