Pengenalan Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer atau perangkat lain yang saling berhubungan berdasarkan aturan-aturan tertentu. perantara dari koneksi bisa melalui media fisik seperti kabel, gelombang radio, infrared dan satelit, setiap peralatan yang terkoneksi ke internet disebut nod.














Jenis-Jenis Jaringan komputer
1. Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan Lokal dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk sharing data, sharing printer dan perangkat lain, sharing Internet.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan Pengembangan dari LAN yang cakupannya lebih besar jika LAN menghubungkan kompter atau perangkat lain dalam satu kantor, untuk MAN menghubungkan beberapa kantor atau gedung-gedung dengan jarak yang tidak terlalu jauh, konsep teknologi yang di terapkan serupa denga LAN.

3. Wide Area Network (WAN)
WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Internet merupakan jaringan global, sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel biasa di sebut wireless merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Sebagai contoh penggunaa jaringan tanpa kabel, yaitu Wifi deangan menggunakan Wifi misalnya pada sebuah notebook bisa terkoneksi dengan internet/sharing data di lingkungan tertentu yang menyediakan access point hal ini dinamakan dengan fasilitas hotspot, misalnya di perkantoran mall, sekolahan , kampus, kafe dll.

pencarian: jenis-jenis jaringan komputer, pengertian jaringan komputer, jaringan LAN, jaringan MAN, jaringan WAN, jaringan Nirkabel, Internet, jaringan wifi, jariangan hotspot.

Tidak ada komentar: