Green Canyon Pangandaran

Untuk yang baru mendengar mungkin anda sedikit heran, dan tercengang bahwa INDONESIA (yang tepatnya di Kampung Curug , Desa Cijulang, Pangandaran , JAWA BARAT) juga tak kalah hebat karena memiliki GREEN CANYON (salah satu objek wisata yang namanya rada nyerempet terdengar seperti GRAND CANYON yang ada di AMERIKA). Tapi tenang saja,selain namanya yang sedikit terdengar mirip, Green canyon juga memiliki keunikan dan keasrian alam yang tak kalah menarik dengan objek wisata di Penjuru Tanah air,bahkan dunia.
Awal mulanya sebelum dikenal masyarakat luas,tempat ini bernama ”Cukang Taneuh” namun seiring berjalanya waktu,pada tahun 1993 ada wisatawan asing yang berasal dari Perancis mengunjungi “cukang Taneuh” ,karena tergila-gila akan keunikan dan keindahan alamnya yang tak kalah indah dengan “Grand Canyon,maka pada saat itu Mereka mempopuler kan “Cukang Taneuh”tersebut dengan nama “Green Canyon”.
Keunikan Green Canyon “Cukang Taneuh“  dapat kita lihat dari perjalananya dengan perahu cadik dari dermaga selama ± 35 menit kita akan senang melewati sungai dengan air berwarna hijau alami (ketika tidak turun hujan), Dalam sepanjang perjalanan kita melihat kehidupan di bantaran sungai. Sesekali terlihat biawak, ular kadut dan penduduk yg sedang mancing atau menjala ikan.
Mendekati Cukang Taneuh, kita disuguhi pemandangan sungai dengan sedikit jeram dan alur yang sempit dimana perahu sudah tidak bisa meneruskan perjalanan karena cadiknya yang lebar. Kapasitas parkirnya juga terbatas. Jadi kita ditunggu dalam waktu yang tidak terlalu lama, atau ketika kita ingin berlama-lama di Cukang Taneuh,perahu dapat keluar dahulu dan kembali lagi dalam waktu yang kita tentukan.
Di area Cukang Taneuh ini air sangat jernih dengan warna kebirua-biruan. Untuk melihat keunikan yang sesungguhnya, kita disarankan untuk terus keatas dengan berenang dengan fasilitas baju pelampung atau ban, atau kita juga dapat merayap di tepi batu. Perjalanan ini sepenuhnya aman.Bagi anak-anak usia 6 thn keatas, dpt ikut menggunakan ban dan panduan – life guard pemilik perahu yg kita sewa. Sepanjang perjalanan,kita akan terus berada di cekungan dengan dinding terjal di kanan kiri, sebagian dinding menyerupai gua dengan atap yang sudah runtuh akibat beberapa faktor.
Di bagian tertentu masih tersisa batu-batu stalaktit dimana air tanah menetes. Setelah beberapa ratus meter berenang, kita akan melihat beberapa air Terjun kecil dikiri kanan yang sangat menawan. Jika anda terus penasaran dengan ujung jalan, anda akan sampai di sebuah tempat dengan gua yang dihuni oleh ribuan kalelawar. Disepanjang alur ini, anda dapat berenang sepuas-puasnya. Ya…, berenang bersama ikan di air yang jernih dan dingin.
Green Canyon “cukang Taneuh” ini sangat cocok untuk beradventure sembari berwisata bersama kawan maupun keluarga,Apalagi jika anda memiliki kamera waterproof,sangat wajib anda bawa untuk mengabadikan pengalaman wisata anda, karena fasilitas keindahan alami dari mulai air hingga seluruh areanya yang di berikan sangat memanjakan anda dalam beradventure dan berwisata.Dan pastinya ketika anda telah mengunjungi “Cukang Taneuh” dijamin anda ingin kembali lagi.

1 komentar:

jalan asyik mengatakan...

memang keren ini green canyon, sayang saya belum sempat kesana.