Oleh-Oleh Wajib Khas Pangandaran


Puas menyantap berbagai masakan yang disediakan rumah makan seafood di Pangandaran, saatnya untuk bersiap-siap kembali ke tempat asal. Tentu Anda tidak melupakan mereka yang tidak bisa ikut liburan dengan memberikan sekedar oleh-oleh makanan ringan khas Pangandaran bukan? Banyak sekali snack murah di Pangandaran yang sebelumnya sudah dibahas beberapa di antaranya seperti ikan asin jambal, opak, rengginang, kepiting krispi, dan juga sambal terasi khas Pangandaran. Dengan membeli oleh-oleh khas Pangandaran artinya Anda juga berkontribusi untuk mendukung industri lokal di Pangandaran yang sebagian besar mengandalkan dari hasil laut. Berikut adalah beberapa oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.
Teri Belah Super
Teri adalah makanan ikan kecil yang diasinkan dan bertekstur renyah. Sangat cocok dimakan sebagai camilan atau dijadikan lauk, bahkan sedap dimakan bersama dengan sambal terasi. Teri belah super ini dimasukkan ke dalam wadah plastik di hari yang sama setelah proses pembuatannya selesai. Anda bisa membelinya di toko-toko jual snack di Pangandaran atau mengunjungi langsung sentra pembuatannya. Meski termasuk dalam industri rumahan, teri ini diolah melalui proses yang higienis, dan tanpa bahan pengawet.
Noga Kelapa Aroma Jahe
Camilan ini terbilang camilan yang benar-benar khas Pangandaran karena tidak bisa ditemukan di daerah lain. Rasanya manis dan gurih karena dibuat dari kelapa yang diparut kasar, kemudian dicampur dengan jahe dan gula. Hasilnya, camilan nikmat dan bisa menghangatkan perut dengan aroma khas jahe yang memiliki efek relaksasi.
Sale Roll
Sale roll adalah snack murah di Pangandaran yang berupa pisang sale digulung seperti kue dadar. Dari jauh bentuknya seperti bacon yang digulung. Pisang raja yang menjadi bahan utama dari sale ini kemudian diiris tipis dan dijemur sampai kadar airnya sebagian besar hilang. Kemudian pisang yang sudah dijemur digulung dengan tepung. Rasanya manis dan teksturnya pas, tidak keras dan juga tidak terlalu lembek. Pengolahan pisang menjadi sale adalah salah satu cara mengawetkan makanan, oleh karena itu sale roll ini cocok bagi Anda yang ingin menghadiahkannya bagi teman atau keluarga yang lokasinya cukup jauh dari Pangandaran atau tempat Anda tinggal, asalkan plastiknya tidak dibuka.
Bandrek
Beberapa rumah makan seafood di Pangandaran menyajikan minuman khas Sunda satu ini. Bandrek adalah minuman kaya rempah yang efeknya memberikan kehangatan di badan, jadi cocok untuk cuaca di Pangandaran yang berangin terutama di pinggir pantainya. Bahan utama bandrek sebenarnya adalah jahe dan gula merah, namun untuk memberikan manfaat yang lebih dan semakin hangat ada bahan lain yang ditambahkan seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampungbahkan susu, sesuai dengan preferensi Anda. Minuman bandrek yang biasa dijual untuk oleh-oleh biasanya dijual dalam tas-tas kertas kecil yang isinya terdapat beberapa bungkus minuman satu kali seduh.


3 komentar:

Green canyon pangandaran mengatakan...

Selamat siang menjelang sore gan

Unknown mengatakan...

Om yg jual bandrek di pangandaran sabelah mana.

Unknown mengatakan...

Om yg jual bandrek di pangandaran sabelah mana.