Keragaman Tumbuhan Serta Hewan Di Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran


http://pangandaran.travel/

Mengunjungi tempat Wisata Pangandaran yang terbayang tentunya keindahan alam dari pemandangan pantai dengan lautnya yang luas, serta para nelayan juga biota laut yang terdapat di dalamnya. Namun selain hal tersebut, nyatanya Pangandaran juga memiliki kawasan wisata lain yang juga tidak kalah menarik, kawasan wisata tersebut dikenal sebagai cagar alam yang tentunya berlokasi tidak jauh dari kawasan pantainya itu sendiri. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut simaklah penjelasan berikut ini :
Obyek Wisata Cagar Alam Pangandaran
Taman wisata yang satu ini berlokasi tidak jauh dari kawasan konservasi cagar alam, bahkan dapat dinyatakan saling berhimpitan. Letaknya berada pada ketinggian 0 hingga 75 mdpl, sedangkan untuk luas wilayahnya itu berkisar 37,7 Ha yang mana luas dari blok pemanfaatannya itu berkisar 20 Ha yang secara administrasi masuk ke dalam Desa Pangandaran, Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
Taman wisata alam ini memiliki beragam kelebihan yang tentunya dapat menarik pengunjung dengan lebih mudah. Bahkan bagi Anda yang berkunjung bersama keluarga dan ingin memberikan pendidikan dengan tepat dari tempat wisata tersebut maka cobalah untuk memasuki kawasan dari Pantai Putih, di sana Anda dapat mengajak anak-anak untuk mengenal beragam jenis terumbu karang yang juga ditumbuhi oleh biota laut. Lebih dari itu, karena banyaknya terumbu karang dengan biota laut tersebut, tempat ini juga sering dijadikan sebagai objek penelitian. Selain pengenalan akan beragam ilmu pengetahuan tersebut, di tempat ini juga terdapat beragam jenis aktivitas atau kegiatan olahraga air yang bisa Anda lakukan bersama dengan anak dan anggota keluarga lainnya, dimulai dari berenang, snorkeling , hingga menyelam.
Sementara itu ada pula kawasan hutan dari tempat wisata alam ini yang dapat Anda kunjungi. Selain merasakan suasana hutan dengan kesegaran yang diberikannya Anda juga dapat menambah ilmu pengetahuan darinya. Pasalnya hutan pantai ini memiliki kombinasi tampilan yang unik, yaitu berupa formasi Baringtonia. Ingin tau apa yang dimaksud dengan formasi tersebut? Berikut penjelasannya :
Formasi Baringtonia pada hutan pantai Pangandaran ini ditandai dengan tumbuhan jenis Butun atau Baringtonia Asiatica, kemudian Nyamplung atau Callophylum Innophylum, Waru Laut atau Hibiscus Tilliceus, Pandan Laut atau Pandanus Tectorius, serta Vegetasi Pes Caprae yaitu vegatasi yang khas dari pantai atau pasir laut dengan tumbuhan kangkung laut yaitu Ipomoea Pescaprae.
Selain hutan pantai, taman cagar alam Pangandaran ini juga memiliki Hutan jati serta Mahoni. Sedangkan untuk hutan dataran rendah yang dimilikinya, justru di dominasi oleh jenis tumbuhan alam mulai dari jenis tumbuhan bawah hingga beragam bentuk pepohonan, kemudian epiphyta hingga parasit.
Tidak hanya tumbuhan saja, cagar alam Pangandaran ini juga dikenal dengan beragam jenis hewan di dalamnya dimulai dari Kera, Lutung, Landak, Trenggiling, Rusa dan bahkan Kancil.
Demikianlah kiranya penjelasan singkat seputar tempat Wisata Pangandaran dari cagar alam yang dimilikinya.

Tidak ada komentar: