Wisata Pangandaran, Mengunjungi Museum Nyamuk !

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata Pangandaran yang unik, maka Anda harus mengunjungi Museum Nyamuk.
Apa itu Museum Nyamuk
Seperti namanya Museum Nyamuk, maka museum ini akan berisi tentang nyamuk, dan hal-hal yang berkaitan dengan nyamuk tersebut. Museum ini dikelola secara langsung oleh departemen kesehatan RI, yang kemudian dilanjukan oleh Loka Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang dari Ciamis. 
Ada berbagai macam jenis nyamuk yang akan Anda peroleh di tempat ini. Setiap jenis nyamuk akan diberi nama, keterangan tentang nyamuk, serta dampak penyakit yang disebabkan oleh nyamuk tersebut. Nyamuk-nyamuk tersebut, sebelumnya sudah diawetkan.
Disini Anda juga dapat melihat dan memahami bagaimana siklus hidup nyamuk, yang disajikan dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ada juga berbagai macam koleksi obat nyamuk alami yang belum dirubah bentuk, tentunya obat tersebut sudah dikeringkan terlebih dahulu. Ada juga obat nyamuk dari bahan kimia beserta aneka perlengkapan untuk menangkap nyamuk, seperti kaca pembesar, baterai, dll.
Selain aneka informasi tentang nyamuk, para pengunjung juga dapat melihat berbagai koleksi insekta yang telah diawetkan sebelumnya, mulai dari aneka kumang, aneka serangga, aneka kupu-kuu, aneka capung, dll. Ada juga ruang cinema, di mana di dalamnya akan tersaji sebuah audio visual tentang nyamuk dan DBD.
Dimana lokasi museum nyamuk
Objek wisata Pangandaran yang satu ini letaknya di Jl. Raya Pangandaran km 3, Babakan, Pangandaran. Lokasi objek wisata ini cukup mudah ditemukan, karena memiliki penanda yang cukup jelas, yaitu adanya patung nyamuk raksasa, yang ada di depan gedung, atau sekitar 2 km sebelum pantai Pangandaran.
Museum Nyamuk ini buka mulai dari hari senin hingga hari Jum’at, dari jam 08.00 hingga jam 16.00. Sebelum mengunjungi objek wisata ini, para pengunjung sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu, dan memilih paket wisata yang diberikan, seperti paket singkat, paket menengah, atau paket panjang. Tarif masuk ke lokasi ini juga tidak terlalu mahal, untuk para pelajar biayanya sekitar Rp 5.000, sedangkan untuk umum, tarifnya jadi sekitar Rp 7.000.

Tidak ada komentar: